Liburan Planet Sains 2 dan 3 Januari 2012.

Petualangan hari pertama ke dunia flora. Kami mengunjungi sentra budidaya anggrek dan kaktus. Kenapa kita harus mengenal anggrek? Ya, karena anggrek adalah tanaman asli Indonesia dan hampir 60% populasi anggrek di dunia ada di hutan Indonesia. Kenapa kita harus mengenal kaktus? Ya, meskipun kaktus bukan tanaman asli Indonesia melainkan dari benua Amerika tetapi sejak 1974 kaktus sudah mulai dibudidayakan di negara kita.

Di tempat ini, kami mengenal berbagai jenis anggrek dan kaktus. Kami mencampur media tanam kaktus yaitu pasir dan pupuk kandang lalu kami belajar menanam kaktus dalam pot. Bukan cuma itu, kami belajar menempel kaktus naga dengan kaktus bulat, jadilah sebuah kaktus hias.

Kami juga mengunjungi kebun strawberry. Di tempat ini, kami mengenal aneka jenis strawberry, memetik strawberry langsung dari tanamannya, kami juga diberi pe-er nih merawat tanaman strawberry di rumah. Acara hari ini semakin seru dengan bermain di alam terbuka juga melakukan eksperimen sains.

Petualangan kami lanjutkan nih sobat di hari ke-2 menuju dunia fauna. Kami mengunjungi peternakan sapi perah, memberi makan sapi dan yang paling seru kami belajar memerah susu sapi.

Awalnya sih kami agak geli tetapi lama-lama asyik juga.Β  Susu sapi yang kami perah bukan untuk diminum manusia loh, tetapi untuk anak sapi dan anak kambing.

Bermain langsung dengan sapi sudah, nah sekarang waktunya menonton film 4Dimensi judulnya Petualangan Salamander. Filmnya seruuu deh. Oya, acara hari ini semakin lengkap dengan mengunjungi Puspa Iptek Sundial, kami mencoba banyak alat peraga sains.

Itulah cerita liburan Planet Sains kali ini. Jadwal liburan seru berikutnya di bulan JULI 2012. Pantau terus website ini untuk informasi lengkapnya ya atau join di facebook kami : SOBAT SAINS.

Sampai jumpa….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.