Serba-serbi Persiapan Kompetisi Roket Air 2011

BY IN Event NO COMMENTS YET

MUDAH SEKALI YA MEMBUAT ROKET AIR.
Untuk menghadapi kompetisi Roket Air SMP Unggulan Se Jawa Barat, Planet Sains Water Rocket menyelenggarakan Training dan Workshop Pembuatan Roket Air. Workshop diadakan pada hari Minggu, 24 Juli 2011 bertempat di Kantor Planet Sains.
Kegiatan diikuti oleh banyak siswa dan dan guru dari beberapa SMP Unggulan di Bandung dan Subang. Mereka terdiri dari siswa-siswa kelas 7, 8 dan 9. Setelah presentasi mengenai Roket air oleh Tim Planet Sains yang terdiri dari K Aldino dan K Hari Utomo, kegiatan dilanjutkan dengan pembuatan roket air. Sebagai informasi K Aldino adalah alumni Astronomi yang sangat menyukai roket air, sedang K Hari Utomo adalah salah seorang pelatih dan pendamping siswa Indonesia yang mengikuti Kompetisi Roket Air Tingkat Asia Pasifik 2011 di Melbourne. Hampir semua siswa belum pernah membuat dan mengetahui cara membuat roket air. Mereka adalah wakil dari sekolah yang diseleksi beberapa minggu sebelumnya.
Semua bahan yang terdiri dari botol minuman bersoda, plastisin, gunting, cutter, isolasi disediakan oleh Planet Sains. Dengan bimbingan para instruktur roket air yang sdh berpengalaman, mereka belajar mendesain roket, membuat sirip yang aerodinamis, mengukur berat roket serta merakitnya. Akhirnya setelah membuat roket selama 60-90 menit, jadi juga roketnya. Hasil karya mereka cukup rapih dan menarik. Banyak desain yang kreatif. Banyak juga peserta yang berkomentar “Wah gampang juga ya membuat roket air”.
Setelah selesai merakit roket, tibalah saatnya untuk menguji apakah roket mereka cukup stabil dan dapat mencapai sasaran yang dituju. Peluncuran roket merupakan pengujian apakah roket yang dibuat sudah sesuai dengan standard untuk kompetisi atau tidak. Roket yang baik dicirikan dengan gerakan terbang yang lurus, stabil saat menuju titik target.
Peluncuran roket air dilakukan di halaman sekolah yang ada disekitar kantor Planet Sains. Semua siswa antusias untuk mencoba kehebatan hasil karya mereka. Semua siswa diberi kesempatan untuk melakukan peluncuran roket sendiri. Mereka harus mengisi air sebagai bahan bakar, menentukan sudut peluncuran serta mengatur berapa tekanan yang sesuai untuk menembak target. Yang menarik hampir semua roket yang diluncurkan sangat stabil dan sesuai dengan arah sasaran. Hanya ada 1 roket yang dianggap gagal karena terbangnya membelok jauh kekanan. Untung tidak mengenai kaca sekolah.
Selamat berkompetisi kepada semua peserta workshop di Kompetisi Roket Air SMP Unggulan se Jawa Barat, semoga sukses.
PEMBUKAAN KLUB ROKET AIR SMPIT ASSYIFA, SUBANG
Pada hari Sabtu tanggal 23 Juli 2011 kemarin, SMPIT Assyifa Subang mengadakan open house dan rekruitmen untuk siswa kelas 7 yang akan memilih ekskulnya. Mereka terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok puteri dan kelompok putera.  Kelompok puteri terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 120 siswa dan kelompok putera dengan jumlah yang hampir sama.
Di kelompok puteri dan putera masing-masing klub ekskul berusaha untuk melakukan demo yang hebat sehingga dapat menarik siswa kelas 7 yang baru untuk bergabung. Ada beberapa ekskul yang telah ada seperti Klub Bahasa Inggris, Science Club, Klub Panah, PMR, Jurnalistik, Futsal, Bola Basket, Angklung, Qiroati , Pasukan KHusus dan tentu saja Klub Roket Air.
Sebagai informasi sejak tahun 2010, SMPIT Assyifa telah membentuk Klub Roket Air. Mungkin ini merupakan Klub Roket air yang pertama untuk siswa SMPIT di Jawa barat. Prestasinyapun cukup bagus yaitu menjadi Juara 2 Kompetisi Roket Air Tingkat Nasional di Palembang 2010 serta menjadi  peserta yang mewakili Tim Indonesia di ajang Kompetisi Roket Air Tingkat Asia Pasifik di Melbourne 2011.
Tidak heran ketika dibuka pendaftaran anggota, Klub Roket Air mendapatkan peserta yang cukup banyak. Untuk Klub Roket Air putera yang mendaftar ada 40 an peserta. Untuk yang puteri juga banyak yang mendaftar.

KOMENTAR ?