Simulasi Gempa Bumi – SD DARUL HIKAM 2 RANCAEKEK

BY IN Demo Sains, Program Sains, Workshop Sains NO COMMENTS YET , , , , , , , , , ,

Gempa Bumi sering kali terjadi di Negara Indonesia, bahkan hampir setiap bulannya wilayah di Indonesia mengalami gempa bumi baik degan skala goncangan yang besar maupun yang kecil.

Jum’at, 7 April 2017, Planet Sains hadir di SD Darul Hikam 2 Bandung untuk mengenalkan bahaya bencana alam gempa bumi pada Adik-adik kelas 1-6. Kedatangan Planet Sains disambut dengan gembira oleh Adik-adik.

Kegiatan dimulai dengan menonton Film edukasi berjudul Gempa Bumi yang diproduksi oleh Planet Sains dan PUSTEKKOM pada tahun 2011. Ada banyak pengetahuan yang Adik-adik dapatkan dari film ini, seperti bahaya bencana alam gempa bumi, penyebab terjadinya gempa bumi, dampak negatif yang dtimbulkan dari terjadinya gempa bumi, hingga cara menyelamatkan diri dari bencana alam gempa bumi.

Menonton Film Edukasi Bencana Alam Gempa Bumi.

Menonton Film Edukasi Bencana Alam Gempa Bumi.

Selesai menonton film yang bertempat di ruang aula sekolah, adik-adik kembali ke kelas masing-masing untuk melakukan simulasi penyelamatan diri pada saat terjadinya gempa bumi. Setelah berada di kelas masing-masing adik-adik kembali belajar seperti biasa bersama Bapak/Ibu walikelas sambil menunggu suara sirine dibunyikan sebagai tanda terjadinya gempa bumi. Ketika suara sirine sudah terdengar adik-adik langsung berlindung di bawah kolong meja.

Melindungi diri pada saat terjadinya gempa bumi.

Melindungi diri pada saat terjadinya gempa bumi.


Suara sirine sudah berhenti, dibantu Bapak/Ibu Guru adik-adik keluar ruangan untuk mencari lapang terbuka dengan berjalan sambil melindungi kepala agar terhindar dari jatuhan kaca, puing-puing bangunan atau apapun yang  bisa membuat kepala terluka.

Berjalan dan melindungi kepala pada saat mencari ruang terbuka.

Sampai di lapang terbuka, Bapak/Ibu Guru menghitung kembali jumlah siswa/i nya masing-masing, memberikan pengarahan untuk menghilangkan rasa trauma pada siswa/i dan mengecek siswa/i nya jika ada yang terluka.

Simulasi memberikan pengarahan dan menghilangkan rasa trauma pada Adik-adik setelah sampai di lapang terbuka.

Simulasi memberikan pengarahan dan menghilangkan rasa trauma pada Adik-adik setelah sampai di lapang terbuka.

Simulasi menghadapi bencana alam gempa bumi sudah selesai. Di akhir, kegiatan bersama Planet Sains dilanjutkan dengan bereksperimen sains berjudul Simulasi Gempa Bumi. Pada eksperimen ini Adik-adik membuat pola bangunan lalu ditempelkan pada alas karton yang tebal, setelah selesai dibuat adik-adik menggoyangkan bagian alas karton dan mengamati pola kertas yang sudah ditempelkan. Eksperimen ini bertujuan agar Adik-adik memahami jika gedung yang tinggi akan merasakan goncangan lebih besar dan beresiko mudah roboh.

Bereksperimen sains dan mengamati hasil eksperimen.

Bereksperimen sains dan mengamati hasil eksperimen.

Belajar dengan metode yang fun dan menarik membuat Adik-adik mau mengikuti kegiatan ini! ^_^

Sekolahmu mau di kunjungi PLANET SAINS juga?
Hubungi No.telp 022-2509744 atau email planet.sains@gmail.com

(pn: Kak Saeful)

KOMENTAR ?