BANDUNG, PLANET SAINS- Pada tanggal 15-16 April 2023, Planet Sains mengadakan kegiatan eksplorasi bagi anak-anak bertempat di Villa Alam Santosa – Ekowisata dan Budaya Bandung. Kegiatan ini telah diikuti oleh 24 peserta usia 7-15 tahun dari berbagai kota diantaranya Bandung, Jakarta, Cimahi, Karawang, Tangerang Selatan, Serang, Kab Bogor hingga Gresik.

Villa Alam Santosa dipilih karena memiliki nuansa pedesaan dengan rumah tradisional beratap jerami, air terjun dan hutan lebat. Kegiatan dimulai dengan Tadabbur Alam di Curug Batu Templek. Bukan hanya menikmati keindahan alam dan mengetahui sejarah tempatnya saja, peserta diajak untuk mengukur suhu air, menentukan pH air, mengambil sampel air hingga membuat alat penjernihan sederhana melalui Kit Eksperimen.

Selain kegiatan eksperimen yang bermanfaat, Planet Sains juga mengajak peserta untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan agama melalui Cerdas Cermat Islami, membaca Al- Qur’an atau Iqra, Menghafal Surat Pendek hingga Mengambil hikmah dari Pemutaran Film Islami mengenai Lailatul Qadr karena kegiatan ini dilaksanakan bertepatan pada malam 25 Ramadhan 1444H.

Setiap kelompok pada Islamic Science Camp ini juga diambil dari nama para Ilmuwan Muslim seperti Al-Jazari, Al-Battani dan Abbas Ibnu Firnas. Peserta diajak untuk merakit Alat Peraga hasil penemuan Al Jazari berupa Mesin Pengangkat Air. Mesin ini mampu menaikkan air dari tempat yang rendah ke tempat yang tinggi dengan menggerakkan tuas. Selain itu Peserta dikenalkan pada sosok Al-Battani yang dikenal sebagai Bapak Astronom Dunia dengan menyaksikan perakitan Teleskop Celetron dan melakukan pengamatan bulan sebelum fajar tiba. Harapan dari kegiatan ini, anak terinspirasi menjadi Ilmuwan Muslim di masa yang akan datang.

Penyelenggaraan Islamic Science Camp di tahun ini mendapatkan kesan yang baik dari orangtua peserta karena berbeda dengan penyelenggaraan Pesantren Kilat di tempat yang lainnya. “Kegiatan sanlat kali ini berbeda dengan yang saya kenal. Biasanya diadakan di gedung bahkan di hotel. Tapi, sanlat Islamic Science Camp mendekatkan langsung kepada objek pengetahuan yaitu alam (air, udara, tanah). Hal ini bisa membantu meredam emosi anak dan membantu anak memahami ilmu dan agama secara natural”, pungkas Bunda Amaliah (Peserta Islamic Science Camp 2023).

Islamic Science Camp 2023 ini pun didukung oleh Pelangi Mizan dan diliput oleh CNN Indonesia.

Penulis: Lili Aprianti

Editor   : Fitria Yulianti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.