WORKSHOP ROKET AIR (18 SEPTEMBER 2015)

BY IN Program Sains, Workshop Sains 2 COMMENTS , , , , , , , , , ,

Roket Berbahan Bakar Mi Instan.

Apa jadinya jika mi instan digunakan untuk menerbangkan roket air? Pertanyaan ini akhirnya terjawab setelah anak-anak dari SMP Darul Hikam dan SMP Insan Teladan mengikuti Training Roket Air (16/9) di Planet Sains. Pelatihan yang digelar selama setengah hari ini diawali dengan presentasi tentang teori roket air, dilanjutkan dengan workshop membuat roket, meluncurkan roket, dan diakhiri dengan sesi diskusi.

“Jadi untuk bisa mengenai target, nggak ada jalan lain selain sering berlatih,” begitu yang disampaikan oleh Ir. Hari Utomo pada peserta pelatihan yang didampingi oleh guru masing-masing. Direktur Planet Sains tersebut Anak-anak kelas VIII dan IX yang mengikuti pelatihan tersebut memang khusus menyempatkan waktu untuk persiapan Kompetisi Roket Air yang akan digelar di Puspa IPTEK Sun dial pada hari Sabtu–Minggu, 19–20 September.

Setelah menyimak dasar teori roket air, peserta membuat roket air dari bahan-bahan sebagaimana yang akan dilakukan di kompetisi roket sesungguhnya. Workshop membuat roket air ini menjadi media berlatih dan meminimalkan kesalahan saat kompetisi. Intan, salah satu peserta, belajar banyak tentang proses pemasangan plastisin (malam mainan) sebagai pemberat roket. “Jadi masang plastisinnya nanti harus sepadat mungkin ya, Kak?” Begitu retorika yang disampaikan Intan saat plastisin dalam roketnya tiba-tiba terlepas dari “nose” roket air. Selesai membuat roket, peserta satu per satu meluncurkan roket dengan jangkauan target 60 meter. Berbagai kombinasi tekanan udara dan volume air dicoba untuk meluncurkan roket menuju target.

Bagaimana dengan “roket mi instan”? Ternyata mi instan dapat meluncurkan roket asalkan dipakai beserta kuahnya. Mi instan ini akan hancur ketika keluar dari nozzle roket. Aneh, kan? Anyway, selamat berlomba SMP Darul Hikam dan SMP Insan Teladan.

Semoga juara!

(Amin)

Workshop Roket Air PLANET SAINS 2015 (2)

Peluncuran Roket Air

2 Comments

  1. galih |

    assalamu’alaikum admin. perkenalkan nama saya galih akbar rumekso, saya bekerja di MI Muhammadiyah Tamansari. saya tertarik sekali dengan roket air. kalau boleh saya minta detail tutorial untuk membuat pelontar roket airnya? terima kasih

    Reply

KOMENTAR ?