Pada hari ini, Planet Sains telah menyelenggarakan Playdate ke-10 dengan tema “Eksplorasi Rasi Bintang” di Taman Ganesha ITB.

Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya. Berbeda dari benda langit lainnya, Bintang dapat memancarkan cahaya nya sendiri  yang disebabkan oleh reaksi fusi nuklir yang menghasilkan energi yang terjadi intinya.

Playdate 010 ini berisi kegiatan yang dilaksanakan secara berkelompok dan individu. Dengan harapan selain menstimulasi motorik anak, kegiatan ini mampu menstimulasi keterampilan sosial anak. Kegiatan pun diawali dengan membuat eksperimen “Bintang Tusuk Gigi” untuk mengamati bentuk bintang yang sedang memancarkan cahaya dan menemukan gambar tersembunyi di dalam bintang yang mekar di atas air.

Saat kegiatan tersebut, adik-adik sangat antusias karena menemukan sekumpulan bintang tersebut jika saling terhubung dan menjadi bentuk tertentu yang dinamakan “Rasi Bintang”.

Rasi Bintang yang diperkenalkan hari ini yaitu Rasi Bintang yang membantu manusia menemukan arah sebelum adanya kompas, mulai dari Rasi Bintang Ursa Mayor, Chrux, Scorpio dan Orion

Tidak cukup disitu, pengamatan Rasi Bintang berlanjut dengan membuat Alat Peraga Listrik: Proyektor Rasi Bintang. Proyektor ini membantu adik-adik untuk mengamati bagaimana Rasi Bintang saling terhubung di langit malam

Kegiatan di akhiri dengan membuat “Kaleidoskop Tanpa Cermin” untuk melihat kaleidoskop yang saling memantulkan cahaya dan membuat bintang terlihat menjadi lebih banyak

“Seru banget karena memang anaknya berminat dan senang sekali eksperimen sains. Di Planet Sains juga kakak kakaknya helpful banget dan ramah ramah buat anak, kemasan acaranya keren. Dengan eksplorasi sains, anak anak semakin termotivasi dan mengerjakan semua eksperimen itu jadi happy banget” pungkas ayah dari Ascarya.

Wah, bagaimana kegiatan Playdate nya? Seru kaaan?

Kegiatan Playdate ini dilaksanakan secara offline di Taman Ganesha setiap 2 pekan dalam satu bulan dan dapat diikuti oleh Siswa TK-SD.

Temukan kegiatan seru lainnya di @eksperimen_sains

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.